Ofcom meminta jaringan telepon untuk memblokir panggilan penipuan asing

Jaringan telepon utama telah setuju untuk secara otomatis memblokir hampir semua panggilan internet yang datang dari luar negeri jika mereka berpura-pura dari nomor Inggris, Ofcom telah mengkonfirmasi.

Penjahat telah menggunakan teknologi panggilan berbasis internet untuk membuatnya tampak seperti panggilan telepon atau teks yang berasal dari nomor telepon nyata.

Hampir 45 juta konsumen menjadi sasaran penipuan telepon musim panas ini.

Ofcom mengatakan pihaknya memperkirakan langkah-langkah itu akan diperkenalkan dengan cepat sebagai “prioritas”.

Sejauh ini, satu operator telah menerapkan rencana baru, kata regulator kepada BBC, sementara jaringan telepon lainnya masih mengeksplorasi metode untuk membuatnya bekerja.

Mengapa penipuan telepon sangat sulit ditangani
Hampir 45 juta melakukan panggilan penipuan dalam tiga bulan
Penipuan SMS pengiriman dan cara mengatasinya
“Kami telah bekerja dengan perusahaan telekomunikasi untuk menerapkan solusi teknis, termasuk pemblokiran pada sumbernya, panggilan internasional mencurigakan yang ditutupi oleh nomor Inggris,” kata Lindsey Fussell, direktur grup komunikasi dan jaringan Ofcom.

“Kami berharap langkah-langkah ini akan diperkenalkan sebagai prioritas, dan dengan kecepatan, untuk memastikan pelanggan terlindungi dengan lebih baik.”

Dia menambahkan menangani masalah penipuan telepon adalah “masalah kompleks” yang memerlukan upaya terkoordinasi dari polisi, pemerintah, regulator lain, dan industri.

Langkah ini mengikuti diskusi berbulan-bulan antara Ofcom dan industri telekomunikasi Inggris.

Apakah rencananya akan berhasil?
Teknologi panggilan berbasis internet, juga dikenal sebagai Voice Over Internet Protcol (VoIP), digunakan oleh jutaan konsumen di seluruh dunia untuk melakukan panggilan telepon secara gratis atau murah setiap tahun.

Layanan populer yang menggunakan teknologi ini antara lain WhatsApp, Skype, Zoom, dan Microsoft Teams.

The Sunday Telegraph , yang pertama kali melaporkan cerita tersebut, mengutip sumber Whitehall yang meragukan rencana Ofcom.

Mereka mengatakan memblokir lalu lintas dari penyedia VoIP asing tidak akan berfungsi untuk menghentikan teks dan panggilan penipuan, karena sebagian besar Inggris masih bergantung pada jaringan berbasis tembaga lama yang berasal dari tahun 1970-an.

Tetapi beberapa ahli yang berbicara dengan BBC tidak setuju.

Selain konsumen, banyak bisnis juga menggunakan teknologi VoIP untuk jaringan telepon internal perusahaan.

Setiap kali jaringan telepon perusahaan melakukan panggilan, penyedia VoIP menyerahkan panggilan dari internet ke jaringan telepon.

Gabriel Cirlig, dari perusahaan keamanan siber AS Human, mengatakan perusahaan telekomunikasi tidak memeriksa lalu lintas yang mereka terima dari penyedia VoIP, mereka hanya membiarkannya melalui jaringan.

“Baru-baru ini, karena kemudahan dalam menerapkan sistem telepon swasta Anda sendiri, semua orang dapat memiliki akses ke infrastruktur telepon penting,” kata Cirlig.

“Karena penghalang masuk yang lebih rendah ini, sangat mudah bagi penipu untuk membangun sistem mereka sendiri untuk memalsukan nomor ponsel – penjahat dunia maya pada dasarnya berpura-pura menjadi jaringan telepon perusahaan yang sah untuk memiliki akses ke infrastruktur telekomunikasi yang sah.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *