7 Peran Artificial Intelligence dalam Bidang Marketing di Masa Depan - IDS  Digital CollegeTeknologi telah berevolusi dan membentuk tempat kerja kita dalam banyak hal, melalui adopsi alat seperti internet dan email untuk komunikasi, pengolah kata, spreadsheet dan presentasi untuk produktivitas kantor, database elektronik untuk pencatatan, dan robot serta kecerdasan buatan untuk otomatisasi. Teknologi sangat diperlukan dalam kehidupan kerja kita, dan itu meliputi setiap aspek bisnis dan ruang publik. 

Berikut 10 cara di mana teknologi telah menjadi bagian tak terpisahkan dari pekerjaan sehari-hari:

1. Teknologi komunikasi

Komunikasi jarak jauh adalah salah satu area di mana teknologi telah memberikan dampak yang besar di tempat kerja. Bisnis yang dulu menggunakan mesin faks, surat biasa, dan telepon. Saat ini, email, SMS, dan berbagai perangkat lunak obrolan telah menjadi mode utama komunikasi bisnis. Selain itu, penggunaan konferensi video sedang meningkat dalam meluaskan komunikasi hingga menyebarkan berita teknologi secara luas, sehingga mengurangi kebutuhan perjalanan fisik.

2. Produktivitas kantor

Pemrosesan kata, spreadsheet, presentasi digital, dan perangkat lunak produktivitas kantor lainnya telah menjadi hal yang biasa sehingga penggunaannya menjadi rutin, dan ini telah sepenuhnya mengubah pekerjaan kantor. Perangkat lunak perkantoran sekarang menjadi terintegrasi dengan alat produktivitas dan pengambilan keputusan lain seperti PowerBI dan gelombang baru ini akan merevolusi tempat kerja lagi.

3. Pencatatan dan pengambilan

Bidang lain di mana teknologi canggih sudah ada di mana-mana adalah pencatatan.Sebagian besar bisnis telah beralih ke database elektronik, bukan file kertas, untuk menyimpan dan mengakses catatan mereka, dan ini telah menjadi bagian penting dan sehari-hari dari lingkungan kerja kita.

4. Internet dan pencarian
Salah satu alat utama lainnya yang telah menjadi sangat umum sehingga menjadi hampir biasa-biasa saja, adalah internet dan organisasinya melalui portal pencarian seperti Google dan Bing. Pencarian informasi dan penelitian menggunakan alat internet telah menjadi alat yang sangat diperlukan untuk semua pekerjaan.

5. Pekerjaan terdesentralisasi dan komputasi awan

Perkembangan laptop, tablet, dan smartphone telah mempermudah para profesional untuk bekerja dari mana saja dan telah menghasilkan lingkungan kerja yang fleksibel seperti freelancing, work-on-demand, dan work-from-home. Belakangan ini, tren ini semakin cepat karena adopsi komputasi awan yang memungkinkan pekerja untuk menyimpan dan menggunakan data dan aplikasi di server.

6. Analisis dan struktur keputusan baru

Analitik Big Data telah menjadi alat penting untuk semua fungsi bisnis. Misalnya, pemasaran melalui saluran digital mengharuskan para profesional untuk secara rutin menggunakan alat-alat canggih untuk analitik dan periklanan komputasi. Departemen sumber daya manusia menggunakan alat khusus untuk perekrutan, pelacakan kinerja, dan retensi pekerja. Sistem keputusan berdasarkan data tersebut memungkinkan pekerja lini depan untuk bertindak cepat, tanpa selalu menunggu arahan dari struktur manajemen top-down tradisional.

7. Otomasi, robotika, dan pabrik masa depan

Banyak pekerja, terutama di sektor manufaktur, sudah bekerja bersama robot otonom. Ini semakin benar di banyak pengaturan lain seperti logistik gudang, sanitasi kantor, dan keamanan gedung.Karena semakin banyak robot yang bekerja bersama, dan bersama-sama dengan manusia, pekerja manusia mulai menyesuaikan diri dengan kenyataan baru ini.

8. Adopsi virtual dan augmented reality

Penjualan dan pemasaran menggunakan augmented reality (AR) dan virtual reality (VR) semakin berkembang di beberapa sektor. Misalnya, perusahaan real estate dengan antusias mengadopsi pendekatan ini dan telah membangun lingkungan simulasi melalui serangkaian foto panorama yang ditautkan dari interior properti dengan menggunakan lensa kamera 360 derajat berkualitas tinggi.

9. Sistem percakapan: Chatbots, asisten

Sistem percakapan, seperti chatbots dan asisten pribadi, adalah alat AI yang penting. Banyak perusahaan telah menggunakan chatbot untuk menawarkan dukungan pelanggan sepanjang waktu dan sistem dukungan pelanggan biasanya memiliki bot sebagai agen garis depan, yang didukung oleh agen manusia. Penggunaan lain dari teknologi percakapan adalah penggunaan asisten berbicara yang terintegrasi di lingkungan rumah dan kerja mereka dan dirancang untuk membantu pekerja menavigasi tugas mereka.

10. Keamanan informasi

Dengan lonjakan kemajuan teknologi, perhatian besar bagi bisnis adalah keamanan data sensitif.Melindungi data pelanggan dan bisnis adalah tugas penting untuk perusahaan mana pun, dan banyak proses keamanan yang invasif tetapi sangat diperlukan, dari kontrol akses fisik menggunakan token atau biomarker, kontrol komunikasi, dan mekanisme kontrol akses digital yang rumit telah menjadi bagian intrinsik abad ke-21. tempat kerja.

 

Saat ini, gangguan digital memainkan peran kunci dalam mengubah bisnis. Inovasi besar seperti kecerdasan buatan, blockchain, pembelajaran mesin, internet of things, dan virtual reality telah mulai sepenuhnya mengubah dunia dan sifat pekerjaan. Selain itu, teknologi dasar seperti alat produktivitas kantor, pencatatan elektronik, pencarian internet, konferensi video, dan surat elektronik telah menjadi bagian sehari-hari dari kehidupan kerja kita.

10 penggunaan teknologi dalam pekerjaan abad ke-21

Post navigation


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *